PERINGATAN UNTUK SULTAN


Hasil gambar untuk ABUNAWAS
Pada suatu pagi Abunawas berdiri dihadapan masyarakat ramai,lalu berkata nyaring,”dengan ini aku umumkan bahwa aku,Abunawas,adlah orang yang sangat memebenci perkara yag haq,sanagat suka kepada fitnah,dan dalam beberapa tahun ini aku lebih kaya daripada Tuhan.”
Masyarakat gempar sampai akhirnya Abunawas ditangkap pungggawa sultan karena dinilai membahayakan keutuhan akidah.Ia segera dihadapkan langsung kepada khalifah Harun Al-Rasyid.
“kalifah bertanya marah,” Apa betul Tuan Mengatakan sangat benci kepada yang haq?”
“betul,”jawab Abunawas tenang.”Malah Bukan hanya saya,baginda Khalifah juga sama.”
“aku benci kepada yang haq?buktikan tuduhan tuan yang keji itu”hardik Harun Al-Rasyid yang makin menanjak kemurkaanya .untung dia masih dapat menahan diri.
Abunawas menjelaskan,”bukankah Baginda yakin bahwa kematian neraka adlah haq?Dan bukankah sebagaimana juga,baginda sangat benci  kepad kematian dan neraka?”
Khalifah terdiam sebentar mengakui kebenaran Abunawas.Lalu ia membentak ,”Tapi tuan jangan mengatakan bahwa tuan sangat menyukai fitnah.Itu merusak ketenteraman masyaraka.”
“sekali lagi,saya wajib mengatakan yang sebenarnya”.sahut Abunawas .”Yang menyenangi fitnah bukan hanya saya ,Tuanku juga .”
“HAH?”Aku menyukai fitnah?Ini sudah keterlaluan!!damprat Khalifah.
“Izinkanlah saya mengunkapkan kenyataan ini.Tidakkah Tuhan mengatakan didalam Al-Qur’an bahwa Harta dan Anak adalah fitnah?Bukankah Tuanku amat suka terhadap anak dan fitnah?”
Sekali lagi Sultan Terpojok.ia kemudian menegur.”baiklah ,hal itu kuakui kebenaranya.Namun lancang sekali ,malah bias murtad kalau tuan menyombongkan diri lebih kaya daripad Tuhan .Tuan adalah ulama besar tidak patut berkata begitu .Tuan bias dihukum mati.”
Sabarlah baginda .perhatikan penjelasan saya “jawab Abunawas dengan tenang .”saya mengatakan lebih kaya dari Tuhan karena ada buktinya.Saya mempunyai banyak anak ,tapi Tuhan ,Dia tidak memiliki satu anak pun.Bukankah saya lebih kaya daripad Tuhan?”
Terpaksa Kalifah tersenyum,lantas bertanya “jadi apa maksud tuan mengatakan hal-hal heboh tadi ?”
Abunawas menjawab “supaya saya ditangkap dan dihadapkan kepada Tuanku.”
“Maksudnya?”

Untuk memperingatkan tuanku agar selalu ingat akan mati dan siksa neraka ,agar tidak terlalu terpukau oleh harta dan keluarga,dan agar tuanku tidak berhenti memberi pengertian kepada rakyat tentang keesaan Allah Subhanahuwa Ta’ala 
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.

Total Pageviews